Maandag, 02 September 2013

pelajar cara kepemimpinan yang baik dan kualitas secara global.


                                                     A.       Latarbelakang
Dalam hal ini kita harus membelajar secara kepemimpinan yang baik dan perkualitas secara global, oleh sebab itu kita mengetahui bahwa  pelajar mempunyai makna untuk menguasai  dan melengkapi Proses belajar tidak sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki siswa dan membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep secara detail dalam konteks buku dan kalimat secara benar , dalam sumber daya manusia mampu menguasai masing-masing bidang yang tertentu.
Dengan demikian pemimpin juga merupakan mempengaruhi orang-orang  agar mau bekerjasama untuk mencapai tujuan organisasi dan diarahkan untuk mempengaruhi orang lain. jika memimpin adalah seorang yang bisa memimpin dengan baik yaitu adil. Jujur, terbuka dan wadah contohnya  kepemimpinan yang baik serta pertanggungan jawab dan menjelesaikan masalah dan konfil terjadi dalam organisasi diselsaikan dengan seadil-adilnya .
Jika kualitas sebagai suatu standar yang harus dicapai oleh seseorang/ kelompok/organisasi mengenai kualitas sumber daya manusia, kualitas cara kerja, proses dan hasil kerja atau produk. Kualitas yang baik sangatlah diperlukan untuk kebutuhan manusia untuk meningkatkan hasil kemampuan dan prestasi individu Untuk mencapai kualitas dan pembelajaran dapat dikembangkan, antara lain menggunakan strategi sebagai berikut; kemampuan kinerja, kemapuan kerja, jujur, adil, rama, sopan.
Maka Global sebuah berubahan  yang memiliki hubungan dengan peningkatan ketertarikan dan ketergantungan antar lingkungan dan  manusia  melalui perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi,  perjalanan, budaya, dan bentuk – bentuk interaksi yang lain sehingga batas – batas suatu  menjadi global yang sangat membengaruhi sumber daya menusia makin meningkat.


B. PELAJAR
Pelajar boleh diintepretasikan sebagai seorang individu yang menuntut ilmu sama ada di sekolah maupun di mana dalam proses pengajaran dan proses pempelajaran yang  bermakna. Jika kita yang berada pada tingkat pendidikan dasar sampai penguruan tinggi, akan lebih bermanfaat karena kita disebut mahasiswa diajak beraktifitas, dilibatkan langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan mandiri dan mengempangkan ilmu pengetahuan yang kita miliki  pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, akan lebih efektif karena mempunyai perstasi yang terwujudkan.


Hasil Pembelajaran Yang Dingakan Dalam Pendidikan Indonesia adalah
Pelajar secara Individu yg berkeyakinan tinggi serta dapat membezakan perkara yg betul dan salah
penyumbang aktif yang mampu untuk bekerja secara berkesan dalam pasukan
Pelajar  merasakan tanggungjawab sendiri untuk pelajar dan belajar.Terwujudkan bempelajaran yang berkualitas adanya kemauan
a. Apa Yang Dimaksud Dengan pelajar Bermakna?
pelajar bermakna (meaningful learning) yang digagas adalah suatu proses pembelajaran dimana mahasiswa lebih mudah memahami dan mempelajari, karena guru mampu dalam memberi kemudahan bagi mahasiswanya sehingga mereka dengan mudah mengaitkan pengalaman atau pengetahuan yang sudah ada dalam pikirannya
Contoh mahasiswa yahukimo pelajar bersama dengan  guru atau dosen, jika mahasiswa yahukimo mengembangkan ilmu dan pengetahuan secara (menghafalan kolos dan open mengenalisa), terjadi karena mahasiswa tak mampu mengaitkan pengetahuan dan menigkatkan daya saing ilmu pengetahuan dan prestasi yang memiliknya dengan efektif.

B. Apa Yang Mengempangkan Potensi  Proses Pelajar?
Adalah dosen harus dapat mengembangkan potensi kognitif mahasiswa melalui proses pelajar bermakna. Mereka yang berada pada tingkat pendidikan dasar sampai penguruan tinggi, akan lebih bermanfaat jika mahasiswa diajak beraktifitas, dilibatkan langsung dalam kegiatan pempelajaran. Sedangkan pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, akan lebih efektif jika menggunakan penjelasan, peta konsep, demonstrasi, diagram dan ilustrasi dengan baik.
c. Ada Empat Tipe Makna Pelajar?
  1. Pelajar dengan penemuan yang bermakna, yaitu mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya dengan materi pelajaran yang dipelajarinya atau mahasiswa menemukan pengetahuannya dari apa yang ia pelajari kemudian pengetahuan baru itu ia kaitkan dengan pengetahuan yang sudah ada.
  2. Pelajar dengan penemuan yang tidak bermakna, yaitu pelajaran yang dipelajari ditemukan sendiri oleh mahasiswa tanpa mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya, kemudian dia hafalkan.
  3. Pelajar menerima (ekspositori) yang bermakna, materi pelajaran yang telah tersusun secara logis disampaikan kepada mahasiswa sampai bentuk akhir, kemudian pengetahuan yang baru itu dikaitkan dengan pengetahuan yang ia miliki.
  4. Pelajar menerima (ekspositori) yang tidak bermakna, yaitu materi pelajaran yang telah tersusun secara logis disampaikan kepada mahasiswa sampai bentuk akhir, kemudian pengetahuan yang baru itu dihafalkan tanpa mengaitkannya dengan pengetahuan yang ia miliki.
D. Prasyarat Agar Belajar Menerima Menjadi Bermakna ?
1.      pelajar menerima yang bermakna hanya akan terjadi apabila mahasiswa memiliki strategi pelajar bermakna,
2.      Tugas-tugas pelajar yang diberikan kepada mahasiswa harus sesuai dengan pengetahuan yang telah dimiliki  mahasiswa
3.      Tugas-tugas pelajar yang diberikan harus sesuai dengan tahap perkembangan intelektual mahasiswa.
Contoh pelajar dengan cara memperstasikan oleh guru atau dosen dengan baik dan mahasiswa mudah mengerti dalam mata kuliah tersebut, jika dosen diberikan tugas makalah kepada mahasiswa, maka mahasiswa mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuan, kualitas, sikap dengan pengetahuan yang dikembangkan oleh mahasiswa yahukimo mempunyai kecerdasan yang  dimiliki.

Pelaja Meningkatkan Kualiti Pengajaran Di Dalam Kelas
Ø  semakin banyak latihan yang diberikan akan   menjamin peningkatan pencapaian kemampuan dan perstasi yang meningkat.
Ø  kualiti  mahasiswa merupakan penentu utama mengatasi faktor-faktor lain,  dan meningkatkan sumber daya manusia akan baik dalam proses  pelajar mengacu pada hasil atau prestasi yang dicapai tujuan yang efektif.

Objektif ‘Tawaran Baru’ adalah untuk meningkatkan  kualitiatas keberhasilan mahasiswa menerusi peningkatan prestasi mahasiswa yahukimo sepagai pemimpin disekolah.
1.    Pelajar Pemimpin  yang baik disekolah mempunyai impak yang signifikan ke atas kecemerlangan mahasiswa yahukimo dan membentuk karater yang  profesional
2.    Kepimpinan instruksional; Berperanan dalam pemimpin membangun, serta merancang, menyelaras dan menilai aktiviti pengajaran dan pembelajaran di sekolah, jika pimpin yang baik dalam mutu perstasi daam perencanaan
3.    perubahan utama pelajar pemimpin; Pemimpin Memastikan visi dan misi diterjemahkan, selaras dengan matlamat sekolah, bagi mencapai kemajuan mahasiswa  yahukimo  terpelajar secara kepemimpinan yang baik.
4.    Mewujudkan belajar kepemimpin yang kondusif; Belajar kepemimpinan Menyediakan persekitaran sekolah yang kondusif dan menyokong proses pengajaran dan pembelajaran di dalam dan di luar


E. Pelajar Secara Global
peranan dalam menyediakan pelajar secara global agar berdaya saing di peringkat indek perstasi mankin meningkat dan daya saing pelajar secara Internal (dalam) maupun pelajar secara external  (luar).
Contah dipapua kita pelajar dengan mengunakan papan tulis tetapi dijakarta pelajar dengan infukus dan bisa mengunan apa sajalewat internet, lempto, koran, dll maka banyak perubahan mendia pempelajaran menjadikan daya saing.
A. Pengertian kepemimpinan.
Menurut Armstrong (1999:90) kepemimpinan adalah sesuatu proses mempengaruhi   dan mendorong serta  membangkitkan individu dan kelompok untuk berusaha sebaik  baiknya  untuk mempengaruhi orang lain atau berinteraksi dan kerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Yaitu seorang pemimpin melihat lebih banyak dari pada  dilihat sedikit orang  artinya  semua kepemimpinan atau pemimpin untuk membengaruhi  kelompok atau orang lain bagimanan memberikan pencerahan bagi masa depan organisasi yang dipimpinnya?  Karena semua pemimpin yang berjuang dan membengaruhi serta pengkerakan orang-orang melalui organisasi untuk membentuk karater pemimpin dan menghasilkan hal-hal yang baik  harus dapat dibentuk karater   yang baik dalam dirinya serta oraang lain. Jika kepemimpinan mempunyai kemampuan melihat organisai secara keseluruhan, kemampuan mengampil keputusan dan kemampuan mendelegasikan wewenang  serta  kemampuan menanamkan kesetiaan.
B. Konsep Dasarkepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. “Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin..” Maka kamu sekalian memimpin dan akan bertanggung jawab atas pimpinanmu.
Pemimpin sejati ; "untuk menjadi seorang pemimpin  tidak harus memakai gelar atau bintang di pundak Anda. Siapa saja yang mau mengangkat tangan dapat menjadi pemimpin kapan saja. Jika:
  1. Kepemimpinan tidak ditentukan oleh pangkat atau jabatan seseorang.
  2. Kepemimpinan  muncul dari dalam dan merupakan buah dari keputusan seseorang utk mau menjadi pemimpin  (bagi dirinya sendiri, keluarganya, lingkungan pekerjaannya, maupun lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya).

C. Kepemimpinan Yang Baik
Adalah pemimpin mampu menanamkan loyalitas yang tulus kepada bawahan atau anggota organisasi namun mencapai hasil organisasi adanya dorongan, semangat,keterbukaan, berpartisipasi dan keyakinan, komidmen, kejujuran, serta kebercayaan yang konsisten dalam pelaksanaan organisasi secara kebersamaan.
Contoh pemimpin yang baik  adalah seorang pemimpin yang bisa memimpin dan bisa dipimpin oleh anggotanya, yang dimaksud dengan yang bisa memimpin adalah seorang yang bisa memimpin anggotanya dengan baik, adil jujur dan empati. sedangkan yang dipimpin adalah seorang yang bisa dijadikan sebagai wadah contoh yang baik terhadap pelaksanaan kegiatan organisasi.

D. Jenis & Gaya Kepemimpinan
 1. Gaya Kepemimpinan Otoriter (Authoritarian)
1.        Segala keputusan dan kebijakan yg diambil berpusat dari dirinya sendiri secara penuh.
2.        Pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh pemimpin, para bawahan hanya melaksanakan tugas yg telah diberikan.
  2. Gaya Kepemimpinan Demokratis (Democratic)
1.        Pemimpin memberikan wewenang scr luas kepada para bawahan.
2.        Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yg utuh.
3.        Pemimpin memberikan banyak informasi ttg tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

  3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yg kecil di mana para bawahannya yg secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yg dihadapi.

E. Ada 6 kepemimpinan yang baik yaitu:
  1. pemimpin yang adil adalah yang dimaksud dengan pemimpin yang adil yang tidak pilih kasih yang tidak ada yang membeda-bedakan antara satu dengan yang lain.
  2. pemimpin yang jujur  adalah yang dimaksud dengan pemimpin yang jujur  selalu berkata dengan sebenarnya apa yang terjadi,dan tidak pernah berkata janji dan bohong kepada anggota organisasinya
  3. pemimpin yang amanah adalah  pemimpin yang amanah pimimpin yang dapat dipercaya oleh anggota organisasi dan tidak pernah berdusta, tetapi dia selalu menepati janji nya sesuai dengan apa yang dikatakan nya.
  4. pemimpin yang bijaksana adalah pemimpin yang bijaksana dapat pemimpin yang tidak terlalu cepat mengambil tindakan ,dan selalu bermusyawarah untuk mengambil sebuah keputusan bersama.
  5. pemimpin yang tegas adalah pemimpin yang sifat keras berani mengambil keputusan yang dinilainya baik, tegas memberi sanksi kepada anggota organisasi yang bersalah.
  6. pemimpin yang bertanggung jawab adalah pimimpin yang brtanggung jawab dalan tugas dan fungsi organisai apabila seorang pemimpin tersebut dinilai salah dan siap menerima sanksi yang telah disepakati bersama. 

F.Tugas kepemimpin yang baik.
Tugas kepemimpnan yang wajib untuk mempertanggungjawab dalam pemimpin mengordinasiakan pelaksanan tugas dan fungsinya organisai yaitu;
  1. Koodinasikan pelaksanan aktivitas kerja organisasi
  2. Mengisi kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam pola dan struktur organisasi yang dipimpinya
  3. Mengatasi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian akibat perubahan yang terus menerus mengenai situasi, kondisi dan lingkungan serta  semua aspek.
  4. Mengadakan  penyempurnaan - penyempurnaan sebagai akibat dinamika dan perkembangan organisasi intern.
  5. Melakukan pengisian yang disebabkan perolahan (keluar masuk) sumber daya manusia dalam organisasi.
  6. Memperikan pengawasan secara keseluruhan dll

G. Fungsi kepemimpinan yang baik
Menurut Wirawan (2000;16) kepemimpinan adalah proses pemimpin menciptakan visi, misi ,strategi , sasaran tujuan dan mempengaruhi sikap dan prilaku pengikut untuk merealisir /Penciptaan Visi;
 jika pemimpin mempunyai visi yang jelas kemana para pengikutnya diarahkan.  Penegasan nilai – nilai ; pemimpin menetapkan pedoman perilaku  dalam bentuk norma – norma. Pemberdayaan pengikut ; pemimpin memberdayakan pengikut  dengan cara
a.      meningkatkan pengetahuan ketrampilan sikap dan perilakunya
b.      pendelegasian wewenang atau kekuasaan 
c.       memberikan dukungan dan memotivasi pengikut  Penciptaan perubahan dengan Memotivasi pengikut serta Mewakili sistem sosialnya.
H. Ada 6 fungsi kepemimpinan yang baik menurut adair 2008,11 yaitu;
  1. Percanaan adalah pemimpin mencari semua informasi yang tersedia, mendefenisikan tugas, maksuk dan  tujuan kelompok, membuat perencanaan program yang terlaksana, dan membuat kebutusan yang tepat.
  2. Pemrakarsaan  adalah memberikan pengarahan pada kelompok mengenai pelaksanaan strategis, tujuan dan sasaran  jelas untuk mengpengaruhi organisasi sangat penting.
  3. Pengendalian adalah pemelihara antara kelompok mempengaruhi tempo, memastikan semua tindakan diambil dalam upaya merai tujuan, menjaga relevasi , disikusi dan mendorong kelompok mengambil tindakan atau keputusan.
  4. Pendukung adalah mengungkapkan pengakuan terhadap orang dan kontribusi ,memberi semangat pada kelompok , atau tim meredahkan  ketegangandng humor.
  5. Penginformasian adalah memberikan imformasi kepada kelompok menjelaskan pelaksanaan tugas dan menerima imformasi dari kelompok sarta membuat  ringkasan atas usulan dan gagasan yang masuk akal .
  6. Pengevaluasian adalah evaluasikan kelayakan gagasan untuk  solusi yang diusulkan suatu kegiatan organisasi.

I.    Ciri – ciri pemimpin yang baik
a.    Mempunyai sifat Leadership Adalah: Penting , karena seorang pemimpin harus berjiwa Leadership untuk diikuti oleh bawahannya ini penting agar sebuah badan atau organisasi mempunyai sosok yang disegani dipatuhi dan menjadi tempat yang baik untuk bernaung.
b.    Menguasai ilmu managerial adalah : Secara teori dan akademik sangat penting untuk seorang pemimpin , jika tidak menguasai ilmu managerial maka akan hancur pula yg dipimpinnya , karena tak ada aturan dan kerangka yang jelas dalam menjalanjan roda kepemimpinan.
c.    Mampu bertanggung jawab adalah : Bertanggung jawab atas apa yang terjadi selama kepemimpinan adalah suatu yang harus karena seorang pemimpin bertanggung jawab penuh tentang apa yang dipimpinnya termasuk segala sesuatu masalah yang ada di dalam proses kepemimpinannya.
d.   Religi adalah : Hal ini mutlak karena seorang pemimpin harus terikat dengan norma agama karena norma agama mampu membentuk seorang pemimpin menjadi jujur dan bersih.
e.    Menguasai arah dan tujuan organisasi atau badan yang dipimpin adalah : Seorang pemimpin harus tahu arah orgasisasi atau badan yang dipimpinnya , Misi sebuah badan mutlak harus ada sebagai acuan untuk perkembangan.
f.     Mampu menarik hati bawahannya dan mendapatkan kepercayaan dari bawahannya adalah : Untuk yang satu ini adanya pada diri seorang Leader , kita harus mampu menyentuh hati bawahan bukan membuat mereka takut akan kita , perlu diingat bahwa orang dikenang bukan karena dia seorang manager yang baik , tapi dia dikenang secara positif sebagai seorang leader yang berjiwa manager
g.    Mampu menerima kritikan dan masukan dari bawahan adalah: Untuk yang satu ini kita harus berjiwa besar dan menerima pengetahuan dan koreksi dari orang yang kita pimpin , ingat !! seorang pemimpin bukanlah orang yang tahu segalanya , seorang pemimpin yang hebat itu tahu bagaimana mengumpulkan kehebatan dan kelebihan bawahannya menjadi sebuah rumusan dan terobosan baru untuk sebuah kemajuan
h.    Membuka ruang diskusi adalah: Sebuah permasalahan tidaklah mudah untuk diputuskan sendiri , bukalah ruang diskusi kepada bawahan yang dinilai bermasalah dan carilah jalan keluar yang baik , advice seorang pemimpin sangat dibutuhkan oleh bawahan karena mau tidak mau kita sudah dianggap yang "tertua" dalam kelompok kita . Dengan membuka ruang diskusi ini kedekatan emosional dalam kaedah kelompok akan lebih erat dan sulid , tetapi jangan terjebak dengan kedekatan personal emosional karena akan memberi efek tidak baik dalam sebuah keputusan dan cenderung menimbulkan rasa "iri" dari yang lain yang berujung makin melongga kelompok.



MODAL DASAR SEORANG PEMIMPIN MEMBANGUN CITRA DIRI
ARIF & CERDAS 
ü  Dicintai
ü  Dipercaya
ü  Dibutuhkan
ü  Dikenang
ü  Diteladani
Membentuk Sikap:
üProporsional
üPercaya diri
üObyektif
üBersahaja
üKompeten
1. Manfaat Keterbukaan Kepemimpin.
  1. Orang lain senang
  2. Orang lain tidak iri
  3. Orang lain tidak segan-segan
  4. Orang lain merasa dekat
  5. Orang lain menjadi lebih akrab dengan kita
  6. Membuka peluang kerjasama dan tolong-menolong
  7. Menambah kawan/saudara
  8. Meningkatkan optimisme  dan motivasi
  9. Mengembangkan perasaan hidup semakin bermakna
  10. Mudah mengembangkan diri untuk mencapai sukses

2.Cara Memperluas  Keterbukaan  Kepemimpinan.
v  Berani bertanya
v  Berani mengungkapkan isi hati dan pikiran
v  Berani mengintrospeksi diri kekuatan dan kelemahan
v  Mau belajar dari orang lain
v  Berdiskusi
v  Mempromosikan / Memperkenalkan diri, Riwayat Hidup/ Bio Data
v  Mau memberikan ilmu kepada orang lain
v  Siap menerima umpan balik/ Saran / Kritik dari orang lain
v  Konsultasi
v  Membuka pergaulan, dll.

3. Agar    Sukses   ?
Daerah TERBUKA Harus Diperbesar
Atau : Daerah BUTA, Harus Dikurangi / Dihilangkan
Dengan Cara : Belajar, Mendengar Kritik, Instropeksi/Umpan Balik, Konsultasi
dan Diskusi
Daerah TERSEMBUNYI, Harus Dikurangi (Sesuai Profesi)
Dengan Cara : Diskusi, Pergaulan/Komunikasi, Promosi/Iklan Diri
Daerah GELAP : Harus Diperkecil / Digali
Melalui :  Eksperimen, Kuis-kuis dan Permainan

4. Kriteria Kepribadian Seorang Pemimpin
  1. Pribadi gelap (tak dikenal) artinya bagian yang tidak dikenal oleh diri sendiri dan orang lain 
  2. Pribadi tersembunyi artinya bagian pribadi yg disadari oleh diri sendiri, tetapi secara sadar  ditutupi atau disembunyikan terhadap orang lain.
  3. Pribadi buta / terlena artinya bagian pribadi yg tanpa disadari oleh diri sendiri, tertutup terhadap dirinya akan tetapi tersampaikan kepada orang lain atau diketahui oleh orang lain
  4. Pribadi terbuka artinya bagian pribadi yg disadari oleh diri sendiri dan ditampilkan kepada orang lain atas kemauan sendiri

(Untuk cara pemimpin menjadi di depan adalah mualai dari sekarang jika tahun depan akan tahu banyak hal yang akan ketahui dan anda akan tak mengetahui masa depan  pemimpin yang baik  buka saya mengutamakan  para pengikutnya melipatkan organisasi harus memanfaatkan waktu yang berharga dalam bekerjaan akan pertanggungjawab masalah persoalan akan mengatasi dengan baik).

A. Pengertian kualitas
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kualitas adalah tingkat baik  dan buruknya. Kualitas  mempunyai ; bermutu (baik): Kualitas sebagai nila mutu dan kemampuan, kepandaian, kecakapan, perstasi, mahasiswa sangat mutu yang baik, contoh kualitas sangat dibutuhkan tenaga-tenaga SDM terampil yang tingginya  setiap mahasiswa yahukimo mau melanjutkan perguruan tinggi , ingin menghasilkan sarjana yang baik.
Menurut Tjigono (1997:76), kualitas adalah sebagai suatu standar yang harus dicapai oleh seseorang/ kelompok/organisasi mengenai kualitas sumber daya manusia, kualitas cara kerja, proses dan hasil kerja atau produk atau barang dan  jasa.
Contah kualitas memang bisa beresiko barang atau layanan lebih sulit laku karena bisa jadi harganya lebih mahal. Namun harga yang mahal tersebut ditebus dengan kualitas barang atau layanan yang didapatkan. Mengutamakan kualitas, insya Allah perusahaan ini dapat bertahan di tengah-tengah persaingan. Ingat, orang lebih memilih untuk membayar lebih mahal namun waktu pemakaian lebih lama dan kulitas lebih baikdaripada membayar murah namun hasil mengecewakan. Orang Jawa bilang : “Ono rega ono rupa” (Ada harga ada wujud). kualitas
ü  kapatisitas
ü  mutu
ü  bobot
ü  Kelas
ü  Kuantitas
ü  Ber tingkat
ü  bermakna

1. Kapastitas  adalah kekuatan dan daya tampung  jika kapasitas yang dapat diartikan sebagai kemampuan manusia, kemampuan institusi dan juga kemampuan sistemnya bahwa kapasitas dapat berarti:
  1. ruang yg tersedia; daya tampung; (nomina)
  2. daya serap (panas, listrik, dsb); (nomina)
  3. keluaran maksimum; kemampuan berproduksi; (nomina)
  4. kemampuan kapasitor untuk menghimpun muatan listrik (diukur dl satuan farad);(nomina) .
2. Mutu adalah “kualitas tingkap derajat kadar. Artinya Mutu” berasal dari bahasa  inggris,“Quality” yang berarti kualitas. Dengan hal ini, mutu berarti merupakan sebuah hal yang berhubungan dengan gairah dan harga diri. Sesuai keberadaannya, mutu dipandang sebagai nilai tertinggi dari suatu produk atau jasa.
Dan juga mutu adalah sesuai yang disyaratkan atau distandarkan (Conformance to requirement), yaitu sesuai dengan standar mutu yang telah ditentukan, baik inputnya, prosesnya maupun output dan Outcome  nya. Didalam pendidikan Yaitu:
1.    Input pendidikan dinyatakan bermutu apabila telah berproses. 
2.    Proses pendidikan bermutu jika mampu menciptakan suasana yang aktrif, kreatif dan juga menyenangkan.
3.    Output dinyatakan bermutu jika hasil belajar dalam bidang akademik dan nonakademik mahasiswa mempunyai kemampuan tinggi ,nilai tinggi dan cerdas untuk  perstasi yang baik dalam kelulusan komulatif
4.    Outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan cepat terserap di dunia kerja, gaji yang wajar, dan semua pihak mengakui kehebatannya lulusannya dan merasa puas.
Dengan demikian bahwa mutu adalah konsep yang absolut dan relatif.
  1. Mutu yang absolut adalah mutu yang mempunyai idealisme tinggi dan berstandar tinggi yang harus dipenuhi, dengan sifat produk bergengsi yang tinggi sama halnya dengan sifat baik, cantik dan jujur serta benar. sesuatu hal yang dibuat dengan sempurna dan dengan biaya yang mahal.
  2.  mutu relatif adalah sebuah alat yang sudah ditetapkan dan harus memenuhi standar 2x yang telah dibuat yang telah ditetapkan lebih dahulu. Yaitu relatif memiliki dua aspek.
  1. mutu di ukur dan di nilai berdasarkan persyaratan kriteria dan spesifikasi (standar-standar) yang telah ditetapkan lebih dahulu.
  2.  konsep ini mengakomodasi keinginan konsumen atau pelanggan, sebab didalam penetapan standar produk dan atau jasa yang akan dihasilkan memperhatikan syarat-syarat yang dikehendaki pelanggan, dan perubahan-perubahan standar antara lain juga didasarkan atas keinginan konsumen atau pelanggan, bukan semata-mata kehendak produsen.

3. Bobot  adalah Nilai Kepribadian seseorang, termasuk pendidikan, kekayaan, pekerjaan . lebih bobot di atas ukuran standar keseluruhan, termasuk  utnuk menetukan volume atau nilai yang maksimum manjadi 100% disebutu bobot yang sektifikan  dilihat kualitas .
4. Kelas  adalah  sekelompok mahsiswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama  yang disebut tingkat, tingkatan dan golongan.
a.    Kelas dalam arti sempit yakni ruangan yang dibatasi oleh empat dinding tempat sejumlah pahasiswa berkumpul untuk mengikuti proses pelajar mengajar. Dalam pengertian tradisional mengandung sifat statis, karena sekedar menunjuk pengelompokan mahasiswa menurut tingkat perkembangannya yang didasarkan pada batas umur kronologis masing-masing.
b.    Kelas dalam arti luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah yang sebagai kesatuan diorganisir menjadi unit kerja secara dinamis menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar-mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu tujuan.
5. Kuantitas  adalah  banyaknya sejumlah  atau kuantitas, nilainya dapat dihitung secara pasti, contohnya jumlah mobil yang melintas, jumlah penduduk, atau Sedangkan kualitas nilainya biasanya berdasarkan pendapat, contohnya perilaku seseorang baik atau buruk, cantik atau jelek, dll.
a.    biasanya kuantitas dengan kualitas berbanding terbalik. Maksudnya, kalau kuantitasnya lebih tinggi, kualitas cenderung rendah. Dan sebaliknya, kalau kuantitas lebih rendah, kualitas cenderung lebih tinggi Kualitas = nilai/mutu Kuantitas = jumlah
b.    Kualitas adalah tolok ukur yang terkiat dengan kemampuan, skill, kecerdasan dan lain-lain, sedangkan kuantitas adalah tolok ukur yang berkaitan dengan jumlah.

6. Bertingkat adalah  tingkat menyatakan suatu kualitas atau lebih rendah hubungan dengan tertentu  bertingkat harga barang dan jasa dari 500%  dari pada 100%. Yaitu proses  peningkatan dalam  kualitas pendikan dan pemahaman atau nilali –nilai barang dan jasa. Contoh naik setingkat demi setingkat; bertambah tinggi dan sedikit demi sedikit: pelajaran hendaknya dibuat ~ kesukarannya;
7. Bermakna  adalah suatu nilai yang perkualitas  yakni barang dan jasa dengan demikian juga dalam kemampuan manusia yang memiliki nilai yang baik  akan membertahan nilai  yang baik kelulusan  akan menepu menghasil jasa dengan demikian barang  yang kita ingin beli  kualitas baik memanfaatkan dengan demikia barang kita beli menjadi bermakna. Atau arti harus memanfaat oleh manusia.
J.M. Juran (1989), mengemukakan tentang kualitas dan manfaatnya sebagai berikut :
1.    Kualitas sebagai keistimewaan produk adalah Di mata pelanggan, semakin baik keistimewaan produk, semakin tinggi kualitasnya. Kualitas yang lebih tinggi dari produk memberikan manfaat untuk: a) Meningkatkan kepuasan pelanggan b) Membuat produk mudah laku dijual c) Memenangkan persaingan d. Meningkatkan pangsa pasar e. Memperoleh pemasukan ari penjualan f. Menjamin harga premium g. Biasanya kualitas yang lebih tinggi membutuhkan biaya yang lebih banyak.
   2.Kualitas berarti bebas dari kekurangan (Di mata pelanggan, semakin sedikit kekurangan semakin baik kualitasnya. Maka Kualitas yang lebih tinggi dan bebas dari kekurangan memungkinkan untuk : a) Mengurangi tingkat kesalahan b) Mengurangi pekerjaan ulang dan pemborosan c) Mengurangi kegagalan di lapangan, beban garansi d) Mengurangi ketidak puasan pelanggan e) Mengurangi keharusan memeriksa dan menguji f) Memendekkan waktu guna melempar produk baru ke pasar g) Meningkatkan kinerja. h) Dampak utama adalah biaya .

Tujuan Pengendalian Kualitas adalah Tujuan dari  pelaksanaan pengendalian kualitas adalah : 1) Pencapaian kebijakan dan target perusahaan secara efisien. 2) Perbaikan hubungan manusia. 3) Peningkatan moral karyawan. 4) Pengembangan kemampuan tenaga kerja.Dengan mengarah pada pencapaian tujuan-tujuan diatas akan terjadi peningkatan produktifitas dan provitabilitas usaha. Dengan Secara spesifik dapat dijelaskan bahwa tujuan pengendalian kualitas adalah: Memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan dan Penurunan ongkos kualitas secara kualitas.

A. Apa si  Global ?
Global adalah suatu proses dengan mana kejadian, menyeluruh atau garis besar secara umum, Global bisa berarti mendunia sehingga makna dan definisi dari global itu sendiri sangatlah luas. Ada banyak kata yang dikaitkan dan berhubungan dengan global karena makna global tersebut sangat umum. Bisa bermakna keseluruhan, secara garis besar .

B. Global menjadi globalisasi?
Globalisasi berasal dari kata ; “global”  yang berarti  meliputi seluruh dunia yang dimaksud denga menyeluruh  gris besar secar umum. Jika kata “globalisasi” berarti  penggolobalan  seluruh aspek kehidupan; perwujuda perombakan atau peningkatan serta perubahan secara menyeluruh disegalah aspek kehidupan proses masuknya ke ruang lingkup dunia (lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia  dan kamus ilmiah populer kontemporer)
C. Pengertian Global?
Global adalah  proses penduniaan secara menjeluruh atau umum, serta garis besarnya, jika global didalam suatu ruang linggung dan waktu melalui internasional secara SDM dan SDA perdagangan, internasional pasar bebas dari produksi dan keuangan, internasionalisasi dari komoditas budaya yang ditopang oleh jaringan system informasi  komunikasi secara global yang semakin canggih dan cepat.
a. Ada 9 langkah-langkah secara Global 
a.       Pertama Pemanasan global merupakan fenomena kecenderungan naiknya suhu bumi dalam jangka waktu tertentu. Pemanasan global merupakan sebuah fenomena alami yang telah berlangsung sejak bumi pertama kali terbentuk.
b.      Kedua Pemasaran global merupakan istilah yang sering kali digunakan untuk mendeskripsikan jangkauan orientasi operasi dan manajemen pemasaran dari perusahaan dalam tahap ini
c.       Ketiga Etik global merupakan sebuah tanggapan etis terhadap konteks global yang baru. Tanggapan etis ini dianggap bermanfaat bagi "keseluruhan", yaitu bagi manusia, alam dan keseluruhan yang ada di planet ini, yang merupakan titik berangkat yang normatif
d.      Keempat Strategi global adalah bagaimana kumpulan bisnis yang tersebar di banyak negara dibuat terintegrasi menjadi "satu bisnis dng bisnis lain akan bersaing yang mendunia
e.       Kelima Ekonomi global merupakan revolusi yang memungkinkan pengusaha mana pun menanamkan uang dimana pun di dunia. Dalam persaingan
f.       Keenam Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
g.      Ketujuh Krisis global merupakan krisis negara yang selama ini ikut menerapkan sistem devisa bebas (floating rates) dimana dolar AS berhasil mendominasi nilai tukar dan menjadi alat pembayaran utama di dunia 
h.      Kedelapan Global Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri karena adanya alat bantu yaitu interner, hp, dll jika adany informasi komunikasi siswa maupun mahasiswa menyelesaikan tugas dan ujian  dll secara cepat pada waktu nya.
i.        Kesimpilan global pelajar adala pelajar sebagai alat komunikasi global oleh karena itu setiap orang di negeri manapun diharapkan mampu menguasai dan mendalam dalam kalimat dan berbahasa yang baku  untuk diintepretasikan sebagai seorang individu yang menuntut ilmu pengetahuan Teknologi informasi dan komunikasi (IPTK/TIK) telah banyak mempengaruhi kehidupan manusia pada masa kini. Dalam dunia pendidikan, era ini dikatakan dapat mencetuskan satu reformasi baru .
b. Ciri – Ciri Berkembangnya Globalisasi.
  1. Perubahan dalam konstantin ruang dan waktu, maksudnya berkembangnya barang – barang seperti HP, televisi satelit, dan internet transportasi menunjukan bahwa komunikasi  secara global terjadi semakin sangki dan cepat.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara – negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional.
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa, maksudnya saat ini kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal – hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
  4.  Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional, dll.
A. Apa Glopalisasi ?........
a.    Menurut kamus ilmiah populer  globalisasi” berarti  penggolobalan  seluruh aspek kehidupan; perwuju dan perombakan atau peningkatan serta perubahan secara menyeluruh disegalah aspek kehidupan proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
b.    Menurut John Huckle: Globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan, dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.
c.    Menurut Albrow: globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Karena proses ini bersifat majemuk, kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan.
Menurut penulis Globalisasi adalah proses berduniaan atau pengolobanan yang ditandai  bisa satu wilayah dunia kerana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Globalisasi adalah proses berduniaan atau pengolobanan yang ditandai  bisa satu wilayah dunia kerana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki beberapa pengaruh bagi kehidupan masyarakat antara lain, pengaru terhadap
1.   Gaya Hidup
2.   Makanan
3.   Pagaian
4.   Nilai-Nilai dan Teradisi
5.   Transprotasi dan yang Terakhir
6.   Komunikasi
pengaruh yang pertama dari ada globalisasi adalah tetang  gaya hidup seperti kita ketahui bahwa gaya hidup masyarakat saat ini , banyak sekali mangalami perubahan misalnya ; sekarang orang  yang lebih suka pergi berbelanja disuber market, dibadingkan denga berbelanja pasar teradisional.
pengaruh kedua adalah perubahan terhadap makanan saat ini banyak sekali ditawarkan jenis makanan yang berasal dari luar negeri dengan aneka rasa macam  makanan yang bentuk yang menarik sehingga  hal tersebut membuat makanan teradisional semakin kurang diminikmati oleh masyarakat.
pengaruh ketiga dari pakaian adalah adanya proses globalisasi pada saat ini banyak sekali anak-anak  muda yang mulai meninggalkan nilai-nilai kesopanan dalam hal perbagaian hal ini terbukti dengan semakin digeremarinya jenis pakaian yang terbuka.
globalisasi juga mempengaruhi kehidupan masyarakat tetang nilai-nilai dan teradisi , seperti teradisi  habatan dijawa tengah, teradisi ini adalah berkumpul ibu-ibu untuk melekukan kegiatan menibuk badi secara bersama –sama, dan saat ini nilai-nilai dan tradisi budaya kita semakin jarang ditemui didalam kehidupan masyarakat.
pengaruh globalisasi pada berikut ininya adalah pada bidang transportasi , bidang ini mengalami perkembangan yang cukup besar terbukti dengan adanya perana saranaon teranportasi baik teransportasi  darat , laut maupun udara..
Komunikasi yang berkembang saat ini juga dipengaruhi oleh glabalisasi  saat ini orangt  berkomunikasi dengan yang lainnya semakin muda, karena tidak harus ketemu, secara langsung sebab melelui mendia komunikasi mereka pun dapat berinteraksi
Contoh berikutnya adalah tentang globalisasi yang bukti bukti pertama yaitu :adanya turis asing bukti berkujung  ke indonesia mereka  memiliki tujuan yang beragam antara lain untuk bekerja sebagai tenaga ahli dan ada juga hanya sekedar berkujungi sebagai wisatawan asing.
selain turis asing bukti globalisasi juga ditujukkan perdangangan antara negara . misalnya : berdangan bebas indonesia dengan  caina selain itu juga ada beberapa siaran perita yang dibawahkan dengan mengunakan bahasa asing.
globalisasi juga memiliki damfak positip terhadap beberapa bidang seperti halnya pada bidang komunikasi , dapat positif bidang komunikasi adalah dengan adanya peragam mendiayang semakin mempermuda manusia untuk perinteraksi satu sama lain, selai itu juga informasi akan semakin cepat di peroleh nya.
dampak positif  kedua adalah ada sarana teransportasi makin sangki sehingga waktu berjalan akan semakin singkat . inilah dibandingkan dengan sebelumnya.
selain itu globalisasi terhadap meningkat nya devisa atau pendapatan negara hal tersebut diperoleh  dari ada hubungan antar negara . misalnya pendangan dan pengiriman tenaga kerja kenegara lain.
selain berdampak positif  gelobalisasi juga mendatangkan dampak negatif bagi kehidupan  masyarakat. misalnya dengan siaran telvisi mentayangkan iklan-iklan justuru membuat masyarakat menjadi konsuntif atau berdaya hidup poros dan perlibihan.
dampak negatif berikutnya adalah semakin menggupahnya nilai –nilai budaya  dan adat isti adat yang telah lama perkembang dimasyarakat. disana saya kegiatan musyawarat, yang merupakan ciri has bangsa indonesia, belakangan ini   yarang dilakukan masyarakat, mereka justuru sering kali mengambil langkah-langkah  anaris untuk menjelaskan bermasalahan yang dihadapi.
B. Cara Menghadapi Era Globalisasi
  1. Menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa.
  2. Mencintai atau membeli produk dalam negeri sendiri.
  3. Meningkatkan produksi dalam negeri agar dapat bersaing dengan produksi negara – negara maju.
  4. Berusaha mengikuti perkembangan IPTEK
  5.  dan yang paling penting meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan YME.

a. Pertumbuhan Ekonomi Secara Globalisasi.
Pertumbuhan ekonomi Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara indonesia denga negara didunia lain dalam hal perdagangan dan keuangan. Secara ekonomi, globalisasi merupakan proses pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sebuah sistem ekonomi global. Pertumbuan ekonomi  4,5 %

b. Globalisasi pelajar dalam pendidikan.
Pelajar adalah usaha individu sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa sekarang inipun mulai  perkembangan arus globalisasi, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dari segi perubahan pencapaian pelajar dalam tingkat kemampuan individu akan meningkat perstasi mulai daya saing.
Contoh Dari globalisasi berkembangan papua, jawa/ keseluruhan Indonesia, terutama dalam ranah pendidikan, nilai-nilai moral, sosial, politik budaya dan kemanusiaan, baik yang bersifat positif maupun negative akan sangat besar efek yang ditimbulkan.
c. Dampak Positif Globalisasi Pelajar Dalam Pendidikan.
1.    Akan semakin mudahnya akses internet  informasi dan komunikasi.
2.    Adanya peningkatan kemapuan yang daya saing.
3.    Globalisasi dalam pendidikan akan menciptakan manusia yang professional dan berstandar internasional dalam bidang pendidikan.
4.    Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan Negara-negarara lain.
5.    Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing
6.    Adanya perubahan struktur dan system pendidikan yang meningkatkan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan
d. Dampak Negative Globalisasi Pelajar Dalam Pendidikan
Globalisasi pelajar tidak selamanya membawa dampak positive bagi dunia pendidikan, melainkan globalisasi memiliki dampak negative yang perlu di antisipasi, dampaknya antara lain:
  1. Dunia pelajar dan pendidikan Indonesia bisa dikuasai oleh para pemilik modal.
  2. Dunia pelajaran dan pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak munculnya “tradisi serba instant”.
  3. Globalisasi akan melahirkan suatu golongan-golongan di dalam dunia pendidikan.
  4. Akan semakin terkikisnya kebudayaan bangsa akibat masuknya budaya dari luar

e. Responsifitas dalam Menghadapi Globalisasi Pendidikan
Setelah mengkaji globalisasi pendidikan terutama problematika dan pengaruh atau dampak yang ditimbulkannya, dalam hal ini berkaitan tentang ranah pendidikan, kita tidak akan mungkin terlepas dari elemen-elemen yang sangat berpengaruh didalamnya dan saling berkaitan satu sama lainnya. Yaitu; pendidik (guru), peserta didik (siswa), orang tua ( keluarga), dan lingkungan. 4 tersebut ini akan pewrupahan dalam global.

C. Kesimpulan.
Pelajar secara kepemimpinan yang baik dan kualitas secara global adalah perkembanagan ilmu pengetahuan komunikasi dan ilmu  pengetahuan teknologi informasi makin sangki  dalam mendia pempelajaran didalam teori maupun mendi eletornik dan mendia komunikasi imfromasi, sehingga  meningkatkan pelajar secara kepemimpinan yang baik dan kualitas secara global makin perubahan di dunia.

  1. pelajar secara global agar berdaya saing di peringkat indek perstasi mankin meningkat dengan daya saing akan persaing dalam dunia pendidikan dan dunia pempelajaran  secara Internal (dalam) maupun pelajar secara external  (luar) maikin meningkat perstasi tinggi makin daya saing ilmu pengetahuan.
  2. pemimpin mampu menanamkan loyalitas yang tulus kepada bawahan anggota pengikut organisasi namun mencapai hasil organisasi adanya dorongan, semangat, keterbukaan, berpartisipasi dan keyakinan, komidmen, kejujuran, serta kebercayaan yang konsisten dalam pelaksanaan organisasi secara kebersamaan, dan mengerakat organisasi  dengan cara globalisaai/global.
  3. Kualitas sebagai suatu standar yang harus dicapai oleh seseorang/ kelompok/organisasi mengenai kualitas sumber daya manusia, kualitas cara kerja, proses dan hasil kerja atau produk atau barang dan  jasa.  jika Kualitas sebagai nila mutu dan kemampuan, kepandaian kecakapan, perstasi, yang dimiliki mahasiswa yahukimo sangat mutu yang baik, dan sangat dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang tingginya;
  4. Globalisasi  Proses Berduniaan Atau Pengolobanan Yang Ditandai  Bisa Satu Wilayah Dunia Kerana Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi .
  5. Kita pelajar secara kepemimpinan yang baik dan kualitas secara global ini akan menigkatkan daya saing dalam  mendia pendidikan dan pelajarai, serta daya sanig juga dalam kepemimpinan, yaitu politik ekonomi. SDA. Dan kualitas SDM,kualitas barang dan jasa ini akan bersaing denga secara globalisasi atau global dunia.


Daftar Fustaka
Sumber www/http.goolgger yahoo.com
Sember pemahaman penulis hugi lokon langgar tiga jakarta .2013 PT. Ravindo





Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking